Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Minggu, 08 Mei 2011

wawancara


Pengertian Wawancara
Wawancara ialah tanya jawab antara pewawancara dengan yang diwawancara untuk meminta keterangan atau pendapat mengenai suatu hal. Wawancara dapat dilakukan oleh direksi kepada pelamar pekerjaan, pelanggan atau pihak lainnya.
Wawancara dalam istilah lain dikenal dengan interview. Wawancara merupakan suatu metode pengumpulan berita, data, atau fakta di lapangan. Prosesnya bisa dilakukan secara langsung dengan bertatap muka langsung (face to face) dengan narasumber. Namun, bisa juga dilakukan dengan tidak langsung seperti melalui telepon, internet atau surat (wawancara tertulis)

Teknik Wawancara
Teknik Wawancara, adalah suatu cara atau kepandaian melakukan tanya jawab untuk memperoleh keterangan, informasi dan sejenisnya. Wawancara berdasarkan cara pelaksanaannya dibagi dua yaitu :
  1. Wawancara berstruktur adalah wawancara secara terencana yang berpedoman pada daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  2. Wawancara tak berstruktur adalah wawancara yang tidak berpedoman pada daftar pertanyaan
Tujuan ( kedudukan ) wawancara
  • Discovery, yaitu untuk mendapatkan kesadaran baru tentang aspek kualitatif dari suatu masalah
  • Pengukuran psikologis: data yang diperoleh dari wawancara akan diinterpretasikan dalam rangka mendapatkan pemahaman tentang subjek dalam rangka melakukan diagnosis permasalahan subjekdan usaha mengatasi masalah tersebut.
  • Pengumpulan data penelitian : informasi dikumpulkan untuk mendapatkan penjelasan atau pemahaman mengenai suatu fenomena. Data dikumpulkan dengancara wawancara karena kuesioner tidak dapat diterapkan pada subjek subjek tertentu, atau ada kekhawatiran responden tidak mengisi kuesioner ataupun tidak mengembalikan kuesioner pada peniliti.
Macam-macam Wawancara
  • wawancara bebas adalah wawancara yang pertanyaanya tidak dirumuskan terlebih dahulu.
  • wawancara terpimpin adalah wawancara yang pertanyaannya ditentukan/ dirumuskan lebih dahulu.
  • wawancara terbuka adalah wawancara yang jawabannya tidak terbatas/terikat.
  • wawancara tertutup adalah wawancara yang jawabannya terikat/ terbatas
  • wawancara individual adalah wawancara yang dilakukan wartawan dengan seorang responden.
  • wawancara kelompok adalah wawancarayang dilakukan sekelompok orang dalam waktu bersamaan.
  • wawancara komperensi adalah wawancara antara wartawan dengan sejumlah responden atau sejumlah pewawancara dengan seorang responden

0 komentar:

Posting Komentar